harga cincin tunangan emas

6 Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Tunangan Emas

Cincin tunangan berbahan emas masih mendominasi pasar perhiasan saat ini. Dibandingkan dengan material lainnya, Anda akan lebih mudah menemukan cincin berbahan emas. Harga cincin tunangan emas pun sangat beragam. Pasalnya, harga cincin dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jadi, Anda bisa menemukan cincin dengan berbagai harga sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Tunangan Emas

Langsung saja, berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi harganya:

1. Kadar Kemurnian Emas

Emas yang digunakan untuk membuat cincin tunangan bukan emas murni. Pasalnya, emas murni terlalu lunak untuk sebuah cincin sehingga lebih mudah rusak. Ada tambahan logam lain yang mempengaruhi harga dari cincin. Nah, semakin banyak logam yang ditambahkan, maka akan semakin rendah kadar kemurniannya. Beberapa kadar kemurnian emas untuk perhiasan yaitu 18K atau 75%, 14K atau 58,5%, 12K atau 50%, dan lain sebagainya. Emas 18K adalah emas terbaik untuk cincin tunangan Anda. 

2. Keindahan dan Desain Cincin

Keindahan dan desain cincin tunangan juga mempengaruhi harga cincin yang akan Anda beli. Ada beberapa perhiasan yang sifatnya antik serta memiliki nilai historis. Biasanya, cincin tersebut memiliki harga yang lebih tinggi karena timeless dan tak ternilai. Selain itu, ada juga cincin yang memiliki desain modern dan tekstur unik. Semakin rumit keindahan dan desain cincin, maka harga cincin akan cenderung lebih mahal. Pasalnya, pembuatannya juga memakan waktu lebih lama karena membutuhkan ketelitian. 

3. Keahlian yang Terlibat

Beberapa orang lupa ada faktor khusus yang mempengaruhi harga cincin tunangan emas yaitu keahlian. Keahlian mempengaruhi kualitas cincin tunangan sehingga mempengaruhi harganya. Cincin yang dibuat dengan keahlian tinggi akan memiliki kualitas yang tinggi juga. Contohnya pada bagian-bagian tertentu seperti setting atau pengaturan berlian, ukuran, finishing, dan lain sebagainya bisa sempurna dengan keahlian yang baik.

4. Kelangkaan Perhiasan

Semakin langka sebuah barang, maka harganya tentu saja akan semakin mahal. Kelangkaan ini dipengaruhi oleh jumlah pasokan yang jauh lebih sedikit daripada jumlah permintaan. Biasanya, kelangkaan pada cincin tunangan ada pada batu permata yang digunakan. Misalnya, cincin dengan fancy color diamond atau berlian berwarna sangat mahal karena langka. 

5. Batu Permata

Berlian merupakan salah satu jenis batu permata yang paling sering digunakan untuk cincin tunangan. Berlian putih cenderung lebih murah dari fancy color diamond. Selain berlian, ada beberapa batu permata lain untuk cincin tunangan seperti ruby, emerald, hingga safir. Keempat batu permata tersebut menawarkan harga yang berbeda-beda sehingga harga cincin pun berbeda-beda.

6. Perubahan dan Modifikasi 

Beberapa dari Anda mungkin tidak mempertimbangkan hal ini ketika membeli cincin tunangan. Namun, beberapa cincin bisa dimodifikasi dengan mudah, sedangkan cincin lainnya sulit dimodifikasi. Cincin yang mudah dimodifikasi bentuk ataupun ukurannya biasanya menawarkan harga yang sedikit lebih tinggi karena lebih fleksibel. 

Cincin Tunangan Emas Terbaru Koleksi The Palace Jeweler

The Palace Jeweler adalah brand #NationalJeweler yang menjadi pilihan banyak orang ketika mencari cincin tunangan berbahan emas. Anda bisa menemukan banyak harga cincin tunangan emas yang terjangkau di sini. Salah satu rekomendasi model terbaru yang ditawarkan yaitu koleksi perhiasan berlian Ilusi. Konsep bright cut setting dan setting ilusi membuat cincin terlihat semakin istimewa. 

Salah satu model cincinnya yaitu berbentuk seperti bunga yang megah dan indah. Susunan berlian yang banyak membuat kilaunya sangat indah. Jika mencari cincin tunangan emas dengan harga lebih terjangkau lagi, Anda bisa mengintip koleksi Moela. Yuk, lihat detail koleksi The Palace Jeweler melalui website, TikTok, atau Instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *